Selasa, 06 Juni 2017

Resep Lapis Kentang Dapur Bang Cipir

dapurbangcipir.blogspot.com - Resep Lapis Kentang Dapur Bang Cipir. Salam hangat bagi anda semua pembaca setia blog saya yang sederhana ini, semoga kesehatan dan keselamatan selalu menyertai dimana pun anda berada. Senang rasanya dapat menyapa pembaca yang budiman dan masih setia menantikan resep-resep masakan terbaru yang akan saya bagi di blog ini. Tak lupa juga saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim di Indonesia khususnya dan di luar negeri umumnya. Karena ini masih dalam nuansa ramadhan, tak ada salahnya saya mengucapkan kepada anda yang menjalankannya. Semoga ibadah puasa anda diterima oleh Allah SWT. amin.

Pembaca yang budiman, ngomongin tentang kue pasti tak akan ada habisnya. Banyak ragam kue yang bermunculan di setiap bulan ramadhan, ada kue kering maupun kue basah. Semua dapat kita jumpai seiring bulan ramadhan tiba bahkan hingga hari raya lebaran pun kita masih akan berkutat dengan yang namanya jajanan kue. Apalagi kalau lebaran sudah dekat, beranekaragam kue pun bermunculan untuk meramaikan suasana lebaran. Nah.. pada kesempatan kali ini saya akan menghadirkan salah satu resep kue yaitu kue lapis kentang. Kue ini bisa anda buat sendiri sebagai menu berbuka puasa atau sebagai hidangan di rumah. Dinamakan kue lapis kentang karena kue ini berbahan utama dari kentang yang direbus/dikukus. Untuk lebih jelasnya saya akan bagikan resep kue lapis kentang ini agar bisa anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis kentang ini antara lain adalah:
  • 500 gram kentang kukus, lumatkan
  • 300 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 75 gram mentega cairkan
  • 150 gram terigu
  • Pewarna putih, hijau secukupnya
  • 1/2 sdt vanili
  • Garam secukupnya
Pembaca yang budiman, itulah kiranya bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis kentang. Adapun cara pembuatannya juga sangat mudah. Ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan dalam membuat kue lapis kentang ini. Langkah atau cara pembuatan kue tersebut adalah:
  1. Kocok telur bersama gula dan vanili hingga mengmbang. Tambahkan tepung terigu dan garam. Aduk hingga rata
  2. Masukkan kentang yang telah dilumatkan, aduk kembali. Tuangkan mentega cair, aduk-aduk sampai rata
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, masing-masing bagian diberi warna hijau dan putih
  4. Olesi cetakan dengan mentega, masukkan 1/2 adonan warna putih dan kukus selama 5 menit, Tuangkan adonan warna hijau 1/2 di atasnya kukus lagi selama 5 menit
  5. Diatasnya , tuangkan lagi warna putih lagi 1/2 dan warna hijau 1/2 adonan, kukus lagi hingga matang. 

Perlu anda perhatikan bahwa resep yang saya bagikan ini untuk sepuluh potong kue. Jika anda ingin membuat yang lebih banyak lagi, silahkan resepnya anda jadikan 2x/3x lipat sesuai dengan seberapa banyak anda ingin membuatnya.

Pembaca setia blog dapurbangcipir, demikian kiranya resep kue lapis kentang yang saya hadirkan untuk anda. Semoga resep ini bermanfaat untuk keluarga tercinta. Jika anda merasa resep ini layak anda share silahkan anda bagikan via media sosial favorite yang anda selalu gunakan. Apabila ada saran atau masukan silahkan anda tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog sederhana ini, saya nantikan kunjungan anda selanjutnya.

Selamat mencoba dan selamat menikmati...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar