Sabtu, 25 November 2017

Resep Onde-Onde Isi Kacang Hijau - dapurbangcipir

dapurbangcipir. Pembaca setia blog dapurbangcipir, seneng rasanya saya dapat menyapa anda melalaui tulisan di blog sederhana ini. Mudah-mudahan anda tidak bosan untuk selalu mencoba resep-resep yang saya bagikan melalui blog dapurbangcipir. Semoga pada kesempatan ini anda tetap diberikan kesehatan dan kemurahan rejeki, sehingga dapat terus berkatifitas seperti biasanya.
Pembaca setia yang budiman, kali ini saya ingin membagikan kembali salah satu resep kue yang dapat anda buat sendiri nantinya di rumah. Resep ini sangat erat kaitannya dengan yang namanya kacang hijau, karena memang bahan utamanya adalah kacang hijau. Resep yang saya hadirkan kali ini adalah resep onde-onde isi kacang hijau. Bahan-bahan apa saja yang dibuthkan untuk membuatnya, simak ulasannya berikut ini. Ada 3 bahan yang diperlukan antara lain:

Bahan biang:
  • 100 ml air
  • 2 sdm tepung kanji
Bahan kulit :
  • 300 gram tepung ketan
  • 100 gram gula pasir
  • 175 ml air
  • 100 gram wijen putih
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng
Bahan Isi:
  • 200 grm kacang hijau kupas, rendamh 1 jam lalu tirikan
  • 150 gram gula pasir
  • 50 ml santan
  • 1 lembar daun pandan
Nah... itulah bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk membuat onde-onde isi kacang hijau. Sekarang bagaimana cara membuatnya. Simak langkah-langkah cara membuatnya:
  1. Biang: rebus air sampai mendidih, masukkan tepung kanji, aduk sampai rata. Angkat dan sisihkan.
  2. Kuli: rebus air hingga mendidih lalu masukkan gula. Panas-panas tuang ke dalam tepung ketan, aduk rata. Masukkan adonan biang sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adinan bisa dibentuk. Ambil 2 sendok teh adonan kulit, bulat-bulatkan. Lakukan hingga adonan habis kemduian sisihkan.
  3. Isi: kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula, daun pandan, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga dapat dibentuk. Angkat, dinginkan, lalu ambil 1 sendok adonan isi, bulatkan sebesar kelereng. Lakukan hingga adonan habis, sisihkan.
  4. Ambil satu adonan kulit, tipiskan, taruh bulatan kacang hijau di atasnya, lalu rapatkan dan bentuk bulat kembali. Celupkan ke dalam sedikit air dan gulingkan di atas biji wijen sambil sedikit ditekan supaya melekat. Lakukan hal yang sama hingga bahan kulit dan isi habis.
  5. Goreng di dalam minyak yang banyak dan sedang panasnya dengan api kecil, sampai matang dan kecokelatan.
  6. Angkat lalu tiriskan, Onde-onde isi kacang hijau siap disajikan.
Itulah kiranya cara membuat onde-onde isi kacang hijau. Pembaca setia dapat mencobanya sendiri di dapur rumah anda.

Baca Juga:
Demikianlah pembaca blog dapurbangcipir yang budiman, resep onde-onde isi kacang hijau sudah saya bagikan. Semoga resep ini bermanfaat untuk anda. Jika menurut anda resep ini layak untuk dibagikan kepada rekan-rekan, tetangga dan saudara silahkan anda bagikan via medsos yang anda miliki. Apabila ada saran atau masukkan, silahkan anda tuliskan di kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih atas kunjungannya, saya nantikan kunjungan anda selanjutnya.
Akhirnya, selamat mencoba dan selamat menikmati..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar